Sabtu, 24/08/2019 20:58 WIB
  • Telekomunikasi

Pemerintah China Kritik Kampanye Huawei

Selasa, 29/01/2019 20:48 WIB
Pemerintah China Kritik Kampanye Huawei Kantor perusahaan teknologi komunikasi Huawei

Beijing - Pemerintah China mengkritik kampanye yang tidak berdasar terhadap perusahaan Huawei, dan menegaskan, telekomunikasi Huawei tidak menimbulkan ancaman kepada negara mana pun.

Demikian disampaikan Duta Besar China untuk Inggris, Liu Xiaoming lewat sebuah artikel yang dirilis The Telegraph yang berbasis di London, Senin (28/1) waktu setempa.

"Jika dibiarkan tanpa pemeriksaan, mereka dapat mengganggu aturan pasar, merusak kepercayaan perusahaan, meracuni kerja sama bisnis dan menyebabkan ketidakpastian dan ketidakstabilan dalam ekonomi dunia," ujar Liu.

"Jangan dengarkan para penyebar rumor. Huawei bukan ancaman keamanan bagi Inggris," tegasnya.

Seperti diketahui, Amerika Serikat (AS), Prancis dan negara-negara barat lainnya telah menyuarakan kekhawatiran bahwa menggunakan stasiun pangkalan Huawei dan peralatan lainnya memungkinkan Beijing memata-matai pemerintah asing.

Desember lalu, kepala keuangan Huawei Meng Wanzhou ditangkap di Kanada atas permintaan AS dengan tuduhan penipuan karena melakukan bisnis secara ilegal dengan Iran yang melanggar sanksi AS.

Dalam upaya meredakan kekhawatiran soal Huawei, utusan China untuk Uni Eropa Zhang Ming mengatakan bahwa membuat fitnah, diskriminasi, tekanan, paksaan atau spekulasi terhadap orang lain sangat tidak membantu.

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau memanggil kembali duta besarnya itu ke Beijing setelah McCallum menyarankan bahwa alangkah lebih baik jika Ottawa membebaskan Wanzhou.

"Pengunduran diri atas permintaan Perdana Menteri Justin Trudeau mengungkapkan adanya campur tangan politik," tulis China Global Times.

Harian itu mengatakan McCallum hanya menyatakan kebenaran ketika dia mengamati bahwa kasus Meng memiliki keterlibatan yang kuat dengan ekstradisi, yang menurutnya bermotivasi politis.