Selasa, 16/07/2019 21:25 WIB
  • Telekomunikasi

Gegara Pemblokiran Huawei, Perusahaan di Australia Batal Diluncurkan

Rabu, 30/01/2019 20:42 WIB
Gegara Pemblokiran Huawei, Perusahaan di Australia Batal Diluncurkan Kantor perusahaan teknologi komunikasi Huawei

Jakarta, Ekonomitoday.com-  - Pelarangan pemerintah Australia menyangkut peralatan Huawei Technologis Co Ltd, bikin perusahaan TPG Telecom Ltd Australia terpaksa harus membatalkan peluncuran jaringan telepon selulernya.  Pelarangan itu diberlakukan dengan alasan keamanan.

Dilansir Reuters, Telecom kena imbas kali pertama akibat dari kebijakan pelarangan yang diberlakukan sejak Agustus tahun lalu. Ini berawal tindakan  Barat terhadap Huawei atas kekhawatiran terkait hubungannya dengan pemerintah China.

Apalagi pembuatnya, Chief Financial Officer-nya, Meng Wanzhou sejak penangkapan  di Kanada pada Desember lalu. Tuduhan Departemen Kehakiman Amerika Serikat karena  melakukan penipuan bank dan berkonspirasi untuk mencuri rahasia dagang dari T-Mobile US Inc.

Alasan TPG Telecom,  memilih Huawei sebagai pemasok,  karena menawarkan jalur peningkatan sederhana ke teknologi 5G. "Mengingat pengumumanmelarang penggunaan peralatan Huawei di jaringan 5G, jalur peningkatan sekarang telah diblokir," kata pernyataan itu.

Padahal selama kerja sama itu, TPG Telecom  telah menghabiskan A$100 juta atau setara dengan Rp1 triliun. Kini akhirnya merger senilai A$15 miliar atau setara dengan Rp150 triliun dengan cabang lokal Vodafone Group Plc di Inggris.