Sabtu, 20/04/2019 20:11 WIB
  • Otomotif

VW Siap Jadi Pesaing Tesla di China

Senin, 15/04/2019 09:08 WIB
VW Siap Jadi Pesaing Tesla di China Logo Volkswagen (VW) foto: Google

Jakarta, Etoday.com - Volkswagen berencana untuk membangun sebuah kendaraan utilitas sport penuh listrik (SUV) untuk China mulai tahun 2021, mengambil model X pemimpin pasar China Tesla ketika produsen mobil Jerman meningkatkan produksi kendaraan tanpa emisi.

SUV baru yang direncanakan adalah langkah terbaru dalam strategi pertumbuhan agresif Volkswagen di Cina, di mana mobil listrik diberikan perlakuan istimewa oleh pihak berwenang.

VW mengatakan ID ROOMZZ-nya, yang dihadirkan di Shanghai pada hari Minggu, akan memiliki tiga baris kursi dan jangkauan operasi hingga 450 km. Mobil konsep ini mampu menjadi pengendaraan otonom tingkat 4.

Chief Executive VW Herbert Diess mengatakan ID ROOMZ akan menjadi mobil listrik andalan yang akan diluncurkan oleh Volkswagen di China.

"Kami berencana untuk memproduksi lebih dari 22 juta mobil listrik dalam 10 tahun ke depan," kata Diess, menambahkan bahwa sekitar setengah dari insinyur VW sedang mengerjakan produk yang ditujukan untuk China dilansir Reuters.

Diess mengatakan ID ROOMZ pada akhirnya akan diluncurkan ke pasar lain. Untuk meningkatkan kemampuan penelitian dan pengembangan VW Group, Volkswagen dan merek premium Audi akan menggabungkan operasi R&D mereka di China.

Kepala e-mobilitas merek VW Thomas Ulbrich mengatakan produsen mobil itu akan mulai meningkatkan produksi 33 mobil listrik pada pertengahan 2023, menggunakan platform mobil listrik modular (MEB) VW Group untuk membangun mobil listrik untuk merek Skoda, Seat, Audi dan VW .

Ulbrich mengatakan VW Group mengubah 16 pabrik di seluruh dunia untuk memungkinkan produksi massal kendaraan listrik, di mana delapan pabrik akan membuat mobil bermerek VW.