Selasa, 16/07/2019 22:26 WIB
  • Umum

Terungkap, Sistem Tiket Murah Tumbangkan 10 Maskapai Penerbangan

Rabu, 08/05/2019 10:49 WIB
 Terungkap, Sistem Tiket Murah  Tumbangkan 10 Maskapai Penerbangan Ilustrasi


Jakarta, Etoday.com - Sistem tiket pesawat murah telah menghentikan operasional 10 maskapai penerbangan Tanah Air. Fakta tersebut diungkap oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat menanggapi mahalnya harga tiket pesawat.

JK menyatakan, dalam waktu 20 tahun terakhir terdapat 10 perusahaan penerbangan (maskapai) di Indonesia tumbang gara-gara penerapan sistem tiket murah. JK berharap harga tiket pesawat bisa turun, namun maskapai tidak bangkrut.

Menurut Pria kelahiran Watampone, Kabupaten Bone tersebut dalam kurun waktu 20 tahun terakhir, sudah ada beberapa maskapai yang bangkrut akibat menjual tiket penerbangan terlalu murah.

"Dalam waktu kurang lebih 20 tahun ada sekitar 10 perusahaan penerbangan tumbang (bangkrut). Mandala, Batavia, Adam Air, Indonesia Air, (hingga) Merpati. Hampir 10 itu, semua tidak kuat," ujar JK di Istana Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Selasa (7/5).

Salah satu penyebab mahalnya tiket pesawat adalah karena biaya operasional yang bergantung pada kurs dolar AS.

"Tarif ini 70 persen komponennya komponen impor yang memakai dolar, pesawat, sewa, sparepart-nya, komponen lainnya. Sekarang akibat persaingan ketat tinggal 2, Grup Garuda dan Grup Lion," ungkapnya.

Dia menilai, maskapai pasti akan berhati-hati dalam menerapkan tarif penerbangan. Sebab, jika tiket pesawat terlalu mahal tak ada penumpang yang naik, sebaliknya jika terlalu murah, maka maskapai bakal gulung tikar.