Selasa, 16/07/2019 21:39 WIB
  • Telekomunikasi

Kepala Perancang Apple Mundur Setelah 27 Tahun Menjabat

Sabtu, 29/06/2019 06:52 WIB
Kepala Perancang Apple Mundur Setelah 27 Tahun Menjabat Kantor Apple

Jakarta, Etoday.com - Chief Design Officer Apple Jony Ive, orang di balik penampilan iPhone, meninggalkan perusahaan setelah lebih dari 20 tahun untuk memulai perusahaannya sendiri.

Ive, 52, yang dianugerahi gelar kebangsawanan oleh Ratu Elizabeth II pada 2012, mengatakan ia akan memulai sebuah perusahaan baru bernama LoveFrom. Tidak banyak yang diketahui tentang usaha bisnis baru tetapi Apple akan menjadi klien.

Desain utama Ive pertama di Apple adalah komputer desktop iMac.

"Jony adalah tokoh tunggal di dunia desain dan perannya dalam kebangkitan Apple tidak dapat dilebih-lebihkan, dari terobosan iMac pada tahun 1998 ke iPhone dan ambisi Apple Park yang belum pernah terjadi sebelumnya, di mana baru-baru ini ia telah menaruh begitu banyak energi dan perawatannya , "ujar kepala Apple Tim Cook dikutip Soccerway.

"Meskipun saya tidak akan menjadi seorang karyawan, saya masih akan sangat terlibat. Saya berharap selama bertahun-tahun mendatang. Ini sepertinya waktu yang alami dan lembut untuk melakukan perubahan ini," tambahnya.

Keberangkatan itu datang sebagai kejutan bagi beberapa investor dan pelanggan Apple, karena Ive telah menjadi kekuatan pendorong di belakang estetika Apple selama beberapa dekade.

Dia bergabung dengan perusahaan pada tahun 1992 ketika perusahaan itu berada di ambang kebangkrutan dan membantu merevitalisasi dengan desain produk baru. Ia menjadi wakil presiden senior desain industri pada tahun 1997 dan kepala desain pada tahun 2015.

Cook meremehkan langkah itu, mengatakan Apple memiliki kelompok desainer in-house yang diperluas dan mereknya adalah yang terkuat yang pernah ada.

"Kami bisa melanjutkan dengan tim yang sama yang telah kami miliki untuk waktu yang lama dan dengan senang hati terus bekerja dengan Jony," kata Cook kepada Financial Times. "Aku tidak bisa membayangkan hasil yang lebih baik."

Belum jelas siapa yang akan berhasil Ive, tetapi Apple mengatakan tidak akan ada pengganti segera. Kepergiannya terjadi setelah pimpinan ritel Apple Angela Ahrendts, yang pergi pada bulan April.

Keywords :