Kamis, 17/10/2019 14:54 WIB
  • Properti

Dubai Luncurkan Pembayaran Elektronik Properti

Minggu, 28/07/2019 10:59 WIB
Dubai Luncurkan Pembayaran Elektronik Properti Dubai naik peringkat dalam laporan tahun ini, mengambil posisi teratas dari London, laporan Gulf Business.(Foto : Google)

Jakarta, Etoday.com - Dubai Land Department meluncurkan sistem elektronik baru untuk mengatur pembayaran biaya layanan antara pemilik properti dan pengembang untuk memastikan transparansi dan keadilan di sektor ini.

DLD, melalui badan pengaturnya Real Estate Regulatory Authority (Rera), mendirikan `Mollak` (kata bahasa Arab untuk pemilik, Red), sebuah sistem yang memantau pembayaran biaya layanan dalam proyek-proyek properti milik bersama, di mana pemilik merupakan bagian dari perkembangan yang lebih luas seperti blok apartemen atau komunitas villa.

Ini berarti pemilik sekarang membayar biaya layanan masyarakat langsung ke sistem Mollak, bukan kepada pengembang. Sistem ini beroperasi dalam basis data pemilik unit real estat dan unit properti yang terdaftar dan disetujui oleh DLD.

"Melalui sistem, Rera berupaya meningkatkan peran tata kelola, regulasi, dan pengawasan serta partisipasi spesialis sektor swasta untuk meningkatkan transparansi real estat dan menjaga keseimbangan antara pengembang real estat, perusahaan manajemen, dan pemilik rumah," kata Marwan bin Ghalita , kepala eksekutif Rera.

Rera memulai fase percontohan dengan perusahaan manajemen, auditor keuangan, dan lembaga keuangan untuk program tersebut sebelum secara resmi meluncurkannya pada kuartal kedua 2019, menurut Ghalita.

Melalui sistem Mollak, 468 rekening bank dibuka untuk biaya layanan proyek sementara 88 perusahaan manajemen dan 1.212 proyek real estat didaftarkan dan disetujui oleh Rera.

Ini merupakan tambahan dari 200.000 unit real estat yang terdaftar, terdiri dari apartemen tempat tinggal, villa, kantor dan toko komersial.

Rera setuju dengan tujuh bank untuk bertindak sebagai pengawas akun untuk properti yang dimiliki bersama dan mendaftarkan delapan auditor keuangan untuk mengaudit biaya permohonan yang diajukan untuk akreditasi.

Rera juga mengeluarkan persetujuan elektronik untuk biaya layanan kepada pemilik unit real estat yang juga menerima tagihan terpadu untuk biaya layanan di seluruh sistem. Ini memaksa perusahaan manajemen untuk secara eksplisit mengirimkan tagihan melalui sistem untuk memberikan perlindungan untuk klaim biaya layanan yang dibuat oleh pemilik real estat.

Sistem ini bekerja di dalam basis data DLD, Rera, lembaga keuangan, dan auditor keuangan bersertifikat yang terdaftar di Rera serta perusahaan manajemen properti milik bersama yang dilisensi dan terdaftar dengan otoritas.

Ini menegakkan tata kelola peraturan yang komprehensif pada perusahaan manajemen properti milik bersama yang dilisensikan dan terdaftar di Rera, yang mengharuskannya untuk mengunggah laporan keuangan dan salinan kontrak pemeliharaan, layanan, dan kontrak pemasok lainnya untuk layanan real estat umum, kata Rera.

Auditor keuangan kemudian memverifikasi laporan keuangan dan kontrak ini sesuai dengan dasar dan kriteria yang diadopsi oleh otoritas, yang kemudian meninjau penyelesaian audit transaksi.

Pemilik unit real estat diberitahu secara elektronik tentang biaya layanan unit dengan publikasi data persetujuan biaya dalam indeks biaya layanan dan pemeliharaan di situs web DLD.

Perusahaan manajemen kemudian meminta pemilik untuk membayar biaya layanan melalui sistem Mollak, dan mengirimkan faktur biaya layanan sesuai dengan jumlah yang disetujui oleh Rera.