Kamis, 17/10/2019 14:33 WIB
  • Umum

Kenali Akar Masalah Kulit Lanjut Usia

Minggu, 22/09/2019 08:44 WIB
Kenali Akar Masalah Kulit Lanjut Usia Kondisi kulit berubah seiring bertambahnya usia (Foto: Shefind)

Seiring dengan bertambahnya usia, kulit akan mengalami proses penuaan. Bahkan, proses penuaan pada bagian tubuh yang satu ini terjadi lebih cepat dibanding dengan yang lain.

Proses penuaan mulai terjadi sejak usia 20-an tahun dan mulai menimbulkan gejala ketika memasuki usia 30 tahun. Nah, gejala yang timbul antara lain:

1. Kulit semakin kering
2. Produksi kelenjar minyak berkurang
3. Metabolisme melambat (pergantian sel kulit menjadi lebih lambat)
4. Pigmentasi tidak merata
5. Timbul kerutan
6. Terkadang timbul tumor jinak, semua bintil di wajah.

Menurut Dokter Sp.KK Kardiana Purnama Dewi perlu diketahui kulit terdiri dari tiga lapisan, yaitu epidermis, dermis, dan sekutis. Proses penuaan terjadi di ketiga lapisan ini dengan gejala yang berbeda pada setiap lapisannya.

"Untuk masyarakat Jakarta khususnya bagi mereka yang sudah lanjut usia, permasalahan kulit akibat penuaan yang sering terjadi adalah kulit kering, terdengar sepele tapi ini akar permasalahan kulit," urainya.

Menjaga kesehatan kulit bagi Lansia sebenarnya tidaklah terlalu sulit, termasuk bagi yang sudah menginjak usia lanjut. Yang perlu diingat, saran dr Kardiana pilihlah produk perawatan yang bersifat melembabkan.

" Untuk perawatan sehari-hari krim lebih dianjurkan dibandingkan lotion, Selain itu pilihlah sabun muka yang tidak mengandung banyak detergen dan scrub, agar tidak iritasi. Jangan lupa juga gunakan tabir surya pagi dan siang hari.